soocadesign.com Jasa Pembuatan Annual Report Yayasan

Jasa Pembuatan Annual Report Yayasan

Jasa Desain Annual Report YKP BRI 2018 by Sooca DesignAnnual report yayasan – Secara umum, pengertian yayasan adalah sebuah badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan guna mencapai berbagai tujuan tertentu dalam beragam bidang seperti bidang sosial, keagaamaan, kemanusiaan dan lain sebagainya. Yayasan terbagi dalam dua kategori yaitu yayasan yang didirikan oleh pemerintah dan yayasan swasta. Perbedaan diantara keduanya ialah, yayasan pemerintah mendapat aliran dana dari negara, sedangkan untuk yayasan swasta biasanya memperoleh pemasukan dana dari sumbangan keluarga, individu atau bisa juga berasal dari sebuah perusahaan. Masing-masing yayasan memiliki peran dan fungsi yang berbeda, tergantung pada setiap aspek yang sudah dikaji. Sama halnya seperti organisasi-organisasi lainnya, tentu saja yayasan juga memiliki sebuah tanggung jawab berupa laporan keuangan tahunan yang lebih dikenal dengan sebutan annual report yayasan. Agaknya pembuatan laporan keuangan tahunan ini sudah harus segera dilakukan oleh seluruh yayasan di Indonesia demi meningkatkan sistem transparansi dan kepercayaan dari pihak-pihak eksternal berkepentingan. Selain memuat laporan keuangan selama satu tahun, annual report yayasan juga dapat diisi dengan berbagai perencanaan di tahun-tahun yang akan datang.

Related Post : 4 Syarat Menyusun Laporan Tahunan Sesuai Kriteria OJK dan ARA

Dasar Hukum Pembuatan Annual Report Yayasan

Dasar Hukum Annual Report Yayasan

Yayasan berdiri diatas persyaratan formal yang telah ditentukan dalam sebuah undang-undang pemerintah. Berkaitan pada peran yayasan dalam hal-hal menyangkut kesejahteraan sosial dari masyarakat luas, regulasi tentu diperlukan untuk mengatur tata pelaksanaan kegiatan dari sebuah yayasan. Regulasi yang mengatur tentang aktivitas yayasan dimuat dalam undang-undang Republik Indonesia nomor 16 Tahun 2001, yang ditujukan untuk menjamin kepastian dan ketertiban hukum agar nantinya yayasan dapat berfungsi sesuai dengan maksud dan tujuannya yang sesuai dengan prinsip keterbukaan dan akuntabilitas kepada masyarakat. Untuk regulasi annual report yayasan sendiri juga masuk pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2001 tepatnya pada poin ke tujuh yang berbunyi sebagai berikut, “laporan tahunan yang harus disampaikan”. Laporan keuangan yayasan terdiri dari laporan posisi keuangan, laporan aktivitas, laporan arus kas, serta catatan atas laporan keuangan.

Related Post : Jasa Pembuatan Sustainability Report Tahun 2019-2020

Tujuan Dari Pembuatan Laporan Keuangan Yayasan

soocadesign.com Jasa Pembuatan Annual Report YayasanMeskipun isinya sedikit berbeda dengan laporan keuangan perusahaan swasta, tapi atau laporan keuangan atau annual report yayasan dibuat dengan beberapa tujuan positif diantaranya menyediakan informasi relevan untuk memenuhi kepentingan para donatur, anggota pengelola, kreditor, dan pihak-pihak lain yang menyediakan sumber daya serta dana bagi yayasan. Berikut adalah beberapa informasi penting yang ada pada laporan keuangan yayasan:

  1. Jumlah dan sifat aktiva, kewajiban, serta aktiva bersih dari yayasan
  2. Pengaruh transaksi, peristiwa, dan situasi lainnya yang mengubah nilai serta sifat aktiva bersih
  3. Jenis, jumlah arus masuk, arus keluar sumber daya selama periode dan hubungan dua pihak
  4. Cara sebuah yayasan untuk mendapatkan dan membelanjakan kas, memperoleh pinjaman, dan melunasi pinjaman serta faktor-faktor lainnya yang berpengaruh terhadap likuiditas yayasan
  5. Usaha jasa dari sebuah yayasan

Jasa Pembuatan Desain dan Cetak Annual Report Yayasan Dari Sooca Design

 

Desain Annual Report Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia  Annual Report Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia

Tidak mudah untuk membuat tampilan informasi tentang ringkasan aktivitas yayasan selama satu tahun, analisis manajemen seputar keuangan, dan rencana di masa mendatang menjadi menarik dan mudah untuk dipahami. Untuk itu, dalam proses pembuatannya tentu membutuhkan bantuan dari agensi jasa pembuatan desain dan cetak annual report yayasan profesional yang memiliki keahlian serta kinerja yang dapat dipertanggungjawabkan. Berbekal pengalaman bertahun-tahun dalam membuat annual report yayasan dan laporan tahunan lainnya, Sooca Design adalah pilihan paling tepat yang bisa Anda dapatkan. Segera hubungi tim marketing kami melalui kontak untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Download Company Profile

Kategori