Apa Itu Infografis ? Apa Manfaatnya ?

 

Apa itu Infografis?

Apa itu Infografis? Infografis berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari information + graphics yang berarti bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat. Proses pembuatan infografis disebut data-visualization, information design, atau information architecture.

Peran Penting Infografis

Infografis merupakan salah satu elemen visual penting dalam dunia jurnalistik baik itu media massa cetak dan media massa digital. Infografis diperlukan sebagai usaha untuk mempermudah pembaca memahami narasi sebuah berita maupun memahami proses sebuah penelitian ilmiah yang dipublikasikan. Infografis dalam perkembangannya juga merekonstruksi sebuah kejadian atau peristiwa disamping peran infografis yang mengejar kaidah estetika perwajahan media massa. Mengapa infografis menjadi penting? desain infografis penting karena bentuknya yang memudahkan penyampaian informasi yang panjang dan rumit menjadi mudah dan cepat dipahami oleh audiens.

Meskipun benar bahwa infografis telah ada selama bertahun-tahun, pentingnya dan dampaknya telah meningkat karena mereka telah menjadi didistribusikan oleh massa melalui internet. Dengan rancangan yang baik, Infografis dapat menyampaikan pesan di seluruh dunia dalam saat-saat yang dirilis. Dengan meningkatnya popularitas alat berbagi gratis, penonton itu sendiri menjadi orang yang menyebarkan informasi tersebut.

apa itu infografis

Contoh Infografis

Istilah “Infografis” diterapkan untuk informasi, data atau pengetahuan yang disajikan dalam bentuk visual grafis dan menyajikan pesan yang jelas dengan cepat dan jelas. Sebuah contoh yang terkenal akan rambu-rambu jalan yang sederhana namun efektif. Sebuah segitiga kuning cerah di sisi tanda jalan Anda bahwa ada sesuatu yang harus berhati-hati tentang depan sehingga Anda melirik cepat pada tanda dan melihat gambar hitam yang jelas dari batu jatuh ke jalan. Anda akan segera menyadari bahwa Anda harus menjaga mata Anda keluar untuk batu jatuh.

Bagaimana, sudah paham mengenai apa itu infografis ? Sebuah Infografis yang efektif akan menarik perhatian Anda dan memiliki manfaat yang lama untuk menyampaikan pesan atau informasi penting.

Butuh Pembuatan Infografis ? Percayakan ke Sooca Design

Anda membutuhkan jasa pembuatan infografis untuk poster, katalog informasi, alur kerja suatu produk atau inovasi apapun? hubungi kami Sooca Design, jasa desain grafis untuk pembuatan infografis yang baik untuk anda. Hubungi kontak.

Download Company Profile

Kategori

Shopping Basket