bagaimana fungsi brosur menjadi media promosi

Fungsi Brosur Menjadi Media Promosi yang Potensial

Bagaimana fungsi brosur masih menjadi media promosi yang potensial? Mari membahas tentang apa itu promosi terlebih dahulu. Promosi adalah salah satu cara yang kerap digunakan oleh para pelaku usaha untuk mendorong angka penjualan bisnisnya. Sering kali seorang pelaku usaha menarik minat calon pembeli potensial untuk melakukan transaksi dengan berbagai macam program promosi, mulai dari yang berupa potongan harga khusus, penawaran istimewa, atau bundling produk.

Harapannya, promo yang dilakukan akan menarik minat calon pembeli dan secara langsung mendorong angka penjualan. Padahal, promosi sebenarnya memiliki makna dan tujuan yang lebih luas lagi.

Jika para ahli bisnis cenderung menjelaskan promosi secara spesifik dengan skenario-skenario tertentu, secara umum, promosi dapat dikenal sebagai upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk serta jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.

Fungsi Brosur Menjadi Media Promosi

fungsi brosur menjadi media promosi
Photo by Erika Giraud on Unsplash

Dari upaya ini, pelaku usaha dapat memiliki proyeksi kenaikan angka penjualan serta pendapatan bisnis. Nah, setelah memahami pengertiannya, berikutnya kita perlu mengetahui apa fungsi brosur dalam menjadi media promosi dari bisnis Anda:

1. Memberikan Diskon atau Penawaran Eksklusif

Salah satu cara promosi yang jitu adalah dengan memberikan diskon atau penawaran eksklusif bagi calon pembeli di lapak. Memberikan diskon memang terbukti ampuh untuk menggaet calon pembeli. Siapkan rencana promosi yang matang dengan menghitung margin yang dibutuhkan untuk menyediakan produk versus harga jual diskonnya. Hal tersebut harus kamu lakukan guna menghindari kerugian.

Jika memberikan diskon terlalu berat, pertimbangkan untuk memberikan penawaran eksklusif kepada calon pembeli.  Timbal balik dari memberikan diskon dan penawaran eksklusif adalah promosi dari mulut ke mulut dan loyalitas pelanggan.

2. Menjaga tingkat retensi dan loyalitas pelanggan setia.

Di antara banyak hal, tingkat retensi dan loyalitas merupakan salah satu elemen penting untuk memastikan bisnis dapat tetap berjalan, bahkan dikembangkan lebih maju lagi. Sedikit berbeda dengan tingkat loyalitas yang menjelaskan tentang pilihan pelanggan untuk melakukan transaksi di tempat usaha Anda dibanding bisnis kompetitor, tingkat retensi menjelaskan keinginan pelanggan untuk bertahan dan terus kembali melakukan transaksi pada bisnis Anda. Salah satu manfaat promosi adalah memastikan pelanggan merasa puas dan diperhatikan sehingga untuk jangka panjang mereka akan kembali dan kembali lagi bertransaksi pada bisnis yang tengah Anda upayakan.

Kata kuncinya di sini adalah bagaimana menyusun program promosi yang bisa membuat pelanggan puas dan merasa diperhatikan.

3. Membangun jembatan komunikasi antara bisnis dengan pelanggan

Menghubungi pelanggan satu per satu untuk menjelaskan setiap produk atau jasa yang ditawarkan, seperti yang umumnya dilakukan dalam bisnis konvensional dengan model door-to-door, merupakan aktivitas yang cukup berat dan dalam jangka panjang akan membebani sumber daya manusia yang Anda miliki. Promosi dapat dimanfaatkan untuk menjawab tantangan tersebut.

Dengan meluncurkan program promosi secara tepat sesuai dengan situasi pasar serta kondisi bisnis, kamu dapat membentuk semacam jembatan komunikasi bisnis kepada pelanggan Anda. Kegiatan promosi dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ingin Anda pasarkan, membuat identitas bisnis diketahui oleh pelanggan secara massal, hingga menyampaikan berbagai informasi terkait bisnis Anda kepada pelanggan dengan biaya yang relatif jauh lebih murah dibanding cara-cara konvensional. Komunikasi bisnis yang terbangun inilah nantinya yang akan mempermudah Anda dalam memperbesar margin keuntungan.

4. Mendatangkan pelanggan baru dari pelanggan yang sudah ada

Fungsi brosur menjadi media promosi yang tak kalah penting adalah kemampuannya dalam mendatangkan pelanggan-pelanggan baru untuk bertransaksi pada bisnis Anda. Program promosi dengan brosur yang telah direncanakan dengan matang dan diimplementasikan secara tepat akan memiliki kekuatan yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran bisnis. Dengan ini, pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan usaha serta biaya yang terlalu besar dalam menawarkan produk atau jasa yang dimilikinya karena pelanggan sendiri juga akan didorong untuk mempromosikan bisnis tersebut kepada calon-calon pelanggan baru. Sehingga, dalam jangka panjang, bisnis akan berkembang dengan sendirinya dengan citra yang positif di mata pelanggan.

Demikian beberapa fungsi brosur menjadi media promosi yang potensial. Hubungi SOOCADESIGN untuk mendapatkan penawaran jasa pembuatan brosur yang spesial!

Download Company Profile

Kategori