Fungsi Penting Annual Report

Fungsi Penting Annual Report

Pengertian Annual report

Annual report merupakan laporan keuangan formal yang diterbitkan setiap tahun untuk kemudian dikirim kepada para pemegang saham perusahaan serta berbagai pihak berkepentingan lainnya. Fungsi penting annual report adalah untuk menilai proses operasional selama satu tahun, membahas rencana serta pandangan dan prospek perusahaan pada tahun yang akan datang. Annual report atau laporan tahunan ini bisa dibuat baik untuk organisasi profit maupun maupun non-profit. Fungsi penting annual report juga dapat berdampak pada kemudahan bisnis perusahaan di masa yang akan datang. Dengan rutin membuat laporan tahunan, maka kemungkinan besar para investor dapat melihat citra perusahaan Anda sebagai perusahaan yang transparan soal keuangan, rencana tahunan serta tanggung jawab kepada publik serta stakeholders.

Baca juga:  Agensi Jasa Pembuatan Annual Report Badan Usaha Jalan Tol

Meskipun fungsi penting annual report lebih ditujukan untuk pengguna eksternal, laporan tahunan ini juga sering digunakan sebagai alat promosi dan pemasaran untuk menunjukkan kepada publik bahwa perusahaan dalam keadaan yang stabil. Pihak manajemen dapat memamerkan berbagai produk dan inovasi baru serta mendiskusikan target pasar yang mereka harapkan untuk masuk di masa mendatang. Jadi, pengertian annual report perusahaan dapat ditafsirkan dalam berbagai kategori sesuai dengan sudut pandang dan kepentingannya.

Memaksimalkan Fungsi Penting Annual Report Melalui Desain Yang Menarik

Fungsi Penting Annual Report Perusahaan

Laporan tahunan biasanya diterbitkan dengan tambahan elemen grafik, foto, ilustrasi dan diagram. Tampilan annual report seperti ini akan lebih menarik daripada sebuah laporan keuangan sederhana yang hanya berisi tulisan serta angka. Cara tersebut mampu membuat pihak management memamerkan perihal pencapaiannya untuk menarik minat para investor baru agar dapat bergabung dengan perusahaan. Dalam arti tertentu, fungsi penting annual report dapat bekerja secara lebih maksimal apabila tampilan desain annual report juga tidak dibuat dengan asal-asalan. Hanya saja, meskipun ada elemen tipe pemasaran dalam laporan tahunan, tujuan sebenarnya adalah untuk menyampaikan informasi keuangan perusahaan kepada pihak internal dan eksternal secara luas.

Mengulik Dasar-Dasar Informasi Pada Annual Report Perusahaan

Fungsi Penting Annual Report Bagi Perusahaan

Secara umum, laporan tahunan akan memuat beberapa data penting yang nantinya akan bermanfaat bagi para pembaca-nya. Berikut merupakan dasar-dasar informasi yang wajib disertakan pada annual report perusahaan:

  • Gambaran umum tentang industri di mana perusahaan bergerak.
  • Laporan pendapatan, posisi keuangan, arus kas, dan catatan audit yang terperinci.
  • Diskusi dan analisis manajemen (MD&A) tentang kondisi keuangan bisnis dan hasil yang telah diunggah perusahaan selama dua tahun sebelumnya.
  • Deskripsi singkat tentang bisnis perusahaan dalam satu tahun terakhir.
  • Informasi terkait berbagai segmen bisnis perusahaan.
  • Daftar direktur dan pejabat eksekutif perusahaan lengkap dengan pekerjaan utamanya.
  • Harga pasar dari saham perusahaan dan dividen yang dibayarkan.

Manfaat Annual Report Bagi Keberlangsungan Bisnis Jangka Panjang

Fungsi Penting Annual ReportSetelah mengetahui perihal pengertian annual report, kini kita beranjak pada poin selanjutnya yaitu tentang pentingnya annual report bagi keberlangsungan bisnis perusahaan dalam jangka panjang. Tidak hanya berfungsi sebagai laporan keuangan semata, ternyata ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan oleh sebuah annual report untuk menunjang kesuksesan perusahaan seperti berikut ini:

1. Memberikan Informasi Keuangan

Pentingnya Annual Report Untuk Memberikan Informasi Keuangan

Fungsi annual report yang pertama tentu saja memberikan informasi tentang laporan keuangan fiskal perusahaan selama satu tahun. Elemen grafik dapat disisipkan untuk menjabarkan informasi yang rumit dan membuatnya lebih mudah untuk dimengerti. Daftar isi annual report meliputi neraca, laporan laba rugi, ringkasan keuangan, dan laporan arus kas. Catatan keuangan pun dapat ditambahkan untuk menjelaskan tentang metode akuntansi yang digunakan oleh perusahaan untuk melaporkan dan mencatat transaksinya. Demikian juga tentang Informasi tambahan dalam catatan keuangan tersebut dapat merinci bagaimana perusahaan Anda mengalokasikan kontribusi program pension atau informasi lebih rinci seputar kompensasi opsi saham. Melalui situs website Money Chimp tercatat bahwa informasi keuangan yang disediakan dalam annual report perusahaan akan membantu pembaca dalam menentukan apa mereka miliki dan hutang kepada perusahaan, bagaimana perusahaan mendanai operasional dan proses pengembangan bisnisnya, serta seberapa baik perusahaan dalam menghasilkan uang bagi para investor.

2. Menunjukkan Prestasi Perusahaan

Fungsi Penting Annual Report Untuk Menunjukkan Pencapaian

Pentingnya annual report bagi perusahaan juga mencakup informasi tentang visi, misi, sejarah dan catatan pencapaian perusahaan dalam periode satu tahun terakhir. Tidak hanya tentang pencapaian dalam bidang keuangan, prestasi lain juga dapat dimasukkan ke dalam sebuah desain annual report seperti kemajuan penelitian, keuntungan pangsa pasar atau penghargaan yang diberikan kepada perusahaan atau karyawannya. Bagian pencapaian dapat pula menjelaskan tentang hal-hal lain seperti peningkatan penjualan atau keberadaan mesin baru yang berpengaruh dalam meningkatkan profitabilitas dan produktivitas perusahaan. Tujuan utama dari menunjukkan prestasi dan pencapaian perusahaan ini adalah untuk membuat pemegang saham dan para stakeholders merasa senang dengan investasi atau partisipasi yang mereka tanam di perusahaan Anda.

3. Membantu Proses Promosi

Pengertian Annual Report

Poin lain dari fungsi penting annual report yaitu menjadi alat pemasaran yang efektif untuk perusahaan Anda. Penggunaan tema tertentu yang sesuai dengan pencapaian serta laporan tahunan perusahaan sering digunakan dalam proses pembuatan annual report. Memasukkan kisah-kisah positif dan inspiratif dari karyawan dan pelanggan atau momen-momen penting dalam sejarah perusahaan yang diselingi informasi laporan terkait dapat meningkatkan jumlah pembaca laporan dan tentunya akan menarik minat para investor serta calon pelanggan baru. Desain annual report dan teknik modern dari pihak jasa pembuatan annual report menjadi pertimbangan penting dikala menggunakan laporan tahunan sebagai alat pemasaran. Tidak hanya dalam bentuk fisik, desain annual report juga dapat diunggah secara online dalam situs website resmi perusahaan.

4. Memuat Beragam Informasi Penting

Jasa Pembuatan Annual Report Perusahaan

Fungsi annual report yang terakhir adalah memuat beragam informasi penting terkait internal perusahaan. Misalnya memperkenalkan dewan direksi kepada pemegang saham, pemangku kepentingan atau stakeholder, dan masyarakat umum. Tidak jarang disertakan pula sebuah surat kepada pemegang saham perusahaan pada bagian awal laporan tahunan. Hal lain yang menyoroti informasi menarik, seperti strategi pemasaran, campaign perusahaan, perubahan kondisi bisnis dan informasi tentang rencana perusahaan untuk tahun mendatang. Surat tersebut umumnya ditulis oleh pimpinan atau pihak administrasi perusahaan, seperti ketua dewan direksi atau chief executive officer.

Pentingnya Menggunakan Jasa Pembuatan Annual Report

Meskipun laporan tahunan sering dianggap menjadi jenis desain yang membosankan, ternyata ada banyak cara untuk mengubah laporan ini menjadi sebuah proyek desain yang menyenangkan dan tentunya mengesankan. Semakin baik desain annual report dibuat, maka akan semakin banyak pula bacaan dan retensi yang dapat ditunjukkan guna menyokong citra positif dari perusahaan Anda.

Baca juga: Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengerjakan Annual Report

Jika bukan sekarang lantas kapan lagi? Jangan menunda hingga terlambat. Mulailah berdiskusi dengan tim Anda dan berkonsultasi dengan jasa pembuatan annual report profesional seperti Sooca Design. Tentukan tema yang tepat untuk annual report perusahaan Anda tahun ini dan wujudkan dalam bentuk cetak maupun versi online. Segera kontak tim Sooca Design sebagai jasa pembuatan annual report terbaik untuk perusahaan Anda.

Download Company Profile

Kategori