7 Inisiatif Pemberdayaan Lingkungan Oleh Perusahaan

Inisiatif lingkungan sudah sepantasnya dan seharusnya perusahaan fokuskan. Pemberdayaan lingkungan oleh perusahaan akan berdampak positif bagi bisnis dan masyarakat itu sendiri. Perusahaan pun bisa melakukan berbagai inisiatif pemberdayaan lingkungan. 

 

Salah satu keuntungan perusahaan yang berinisiatif memberdayakan lingkungan ialah mendapat dukungan dari komunitas dan loyalitas pelanggan. Tanggung jawab sosial berfungsi sebagai ‘platform’ bagi perusahaan dan konsumen untuk membuat dampak positif pada komunitas lokal dan global. Bisnis yang menerapkan inisiatif tanggung jawab sosial yang sejalan dengan nilai-nilainya memiliki peluang untuk meningkatkan retensi dan loyalitas pelanggan.

 

Penelitian menunjukkan bahwa 87% konsumen Amerika Serikat (AS) lebih cenderung membeli produk dari perusahaan yang mengadvokasi masalah yang mereka minati. Sebanyak 76% konsumen justru akan menolak membeli produk jika mereka mengetahui bahwa perusahaan mendukung masalah yang bertentangan dengan keyakinan mereka.

 

Perusahaan yang berorientasi komunitas juga sering ‘menikmati’ persaingan mereka, berkat pencitraan merek yang unggul. CEO Tesla Inc. (TSLA) Elon Musk, misalnya, telah berhasil menarik konsumen yang berwawasan lingkungan dengan lini mobil listrik mutakhir dan produk otomotif ramah lingkungan.

 

Contoh bagus lainnya dilakukan oleh produsen sepatu Adidas. Adidas telah berinvestasi dalam pelestarian lingkungan dengan mendaur ulang limbah laut menjadi bagian-bagian sepatu print 3D.

 

Dalam menjalankan program ini, Adidas memanfaatkan tantangan masyarakat sebagai peluang untuk tetap relevan. Salah satu tantangan masyarakat khususnya yang menjadi fokus Adidas adalah mengatasi epidemi obesitas. 

 

Model bisnis dan strategi komunikasi Adidas tidak terfokus pada penjualan sepatu dan pakaian. Model bisnis dan strategi komunikasi Adidas ialah meningkatkan kesehatan fisik konsumen di seluruh dunia. Ini memiliki nilai yang jauh lebih besar dibandingkan angka penjualan.

 

Bahkan inisiatif terkecil pun dapat berdampak pada komunitas. Menyumbangkan uang atau sumber daya untuk amal dapat membuat perbedaan besar, meskipun perusahaan kecil dan pemula mungkin tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya. 

 

Perusahaan dapat memulai dengan menyelenggarakan acara penggalangan dana skala kecil, mendorong kerelawanan, menetapkan misi sosial dan tujuan yang jelas, menerapkan program pendidikan untuk karyawan, atau bergabung dengan bisnis dengan mentalitas yang sama.

 

Ada berbagai inisiatif pemberdayaan lingkungan yang bisa dilakukan oleh perusahaan, seperti di bawah ini.

  1. Penanaman Bibit Pohon

Penanaman bibit pohon adalah inisiatif kepedulian terhadap alam sekitar. Penanaman bibit pohon tak mesti terkait langsung dengan bisnis inti perusahaan. Penanaman bibit tanaman bakau atau mangrove bisa menjadi contoh. Mangrove memiliki banyak manfaat, utamanya menanggulangi banjir. Selain itu, pohon bakau juga bisa diolah menjadi berbagai benda hiasan atau kerajinan.

 

  1. Penanganan Limbah

Perusahaan tertentu memiliki kompetensi dan kapabilitas untuk mengolah limbah dari kegiatan operasionalnya. Meski begitu, ada banyak ide untuk mengelola limbah. Limbah cangkang kerang di daerah pesisir pantai, misalnya, dapat diolah menjadi kriya menarik. Para wanita di daerah pesisir bisa diberdayakan untuk mengikuti program sejenis ini. Limbah batu bara, contoh lainnya, dapat diolah menjadi paving block dengan memanfaatkan teknologi yang tak terlalu rumit.

 

  1. Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

inisiatif lingkungan
Pemberdayaan UMKM – Pixabay

Inisiatif lingkungan lainnya terkait usaha kecil dan menengah (UKM). Lebih dari 90% bisnis global adalah kecil atau mikro. Tetapi, kurang dari separuh bisnis kecil tersebut telah merambah online

 

Perusahaan, contohnya, bisa berinisiatif mengadakan pelatihan digital marketing kepada para pelaku UKM. Aspek program inti meliputi pembelajaran, perencanaan, dan implementasi rencana digitalisasi.

 

  1. Literasi Lingkungan

inisiatif lingkungan 1
Literasi Masyarakat – Pixabay

Tingkat literasi masyarakat Indonesia masih perlu ditingkatkan. Selain itu, tingkat literasi di tanah air juga belum merata. Perusahaan bisa mengadakan program literasi bagi masyarakat. Program ini bisa menggandeng institusi pendidikan formal atau nonformal.

 

  1. Sertifikasi

Inisiatif pemberdayaan lingkungan lain yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah menggelar program sertifikasi, misalnya untuk mendapat label halal, hak paten dan sebagainya. Masih cukup banyak masyarakat yang belum mengetahui akses memperoleh sertifikat atau semacamnya yang bisa mendukung usaha atau kualifikasi pribadinya.

 

  1. Keahlian digital

Inisiatif Pemberdayaan Lingkungan
Keahlian Digital – Pixabay

 

Digitalisasi sudah merambah ke berbagai lini kehidupan manusia. Namun, masih cukup banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki keahlian digital mumpuni. Oleh sebab itu, perusahaan dapat berinisiatif menggelar semacam kelas digital bagi pelajar. Dengan begitu, perusahaan turut mengembangkan potensi anak-anak bangsa yang memenuhi kebutuhan industri di masa depan.

 

  1. Inkubasi startup

Perusahaan juga bisa menggelar semacam inkubasi bagi perusahaan perintis (startup). Inkubasi ini bisa dilakukan setelah perusahaan mengadakan lomba hackathon atau sejenisnya. Program-program seperti ini bisa menjaring startup potensial yang dapat berdampak pada lingkungan sekitarnya. 

 

Yang harus diperhatikan, inisiatif pemberdayaan lingkungan yang dilakukan sebaiknya mencakup tiga hal, yakni keterlibatan komunitas, keterikatan pegawai, dan pemberian perusahaan.

 

Satu hal penting lainnya adalah soal alokasi dana. Inisiatif lingkungan yang berdampak pada bisnis dan masyarakat tak mesti mensyaratkan dana besar. Hal yang lebih berperan adalah relevansi inisiatif tersebut bagi lingkungan, masyarakat, dan bisnis yang berkelanjutan.

 

Inisiatif pemberdayaan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan kemudian bisa dimasukkan ke dalam laporan sustainability. Soocadesign dapat membantu perusahaan untuk menyusun laporan sustainability secara profesional dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Selain jasa pembuatan sustainability report profesional, Soocadesign juga menawarkan jasa pembuatan video sustainability report, copy writing sustainability report, design graphic untuk korporasi dan bisnis.

 

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Soocadesign telah dipercaya oleh berbagai perusahaan atau organisasi ternama di tanah air.

 

Kunjungi segera Soocadesign di https://www.soocadesign.com.

 

Sumber:

https://www.potential.com/articles/empowerment-programs-highlights

https://www.potential.com/articles/innovation-and-empowerment-program-ideas

 

Download Company Profile

Kategori