Konsultan GCG dan Perannya dalam Annual Report

Annual report bukan hanya melaporkan kegiatan rutin tahunan yang telah perusahaan Anda lakukan, tapi juga perkembangan signifikan yang telah dilakukan selama satu tahun berjalan. Sebuah annual report menjadi sangat penting untuk dibuat setiap tahunnya. Karena di dalamnya memuat berbagai informasi penting diantaranya; identitas perusahaan, catatan penting satu tahun terakhir, ikhtisar keuangan, analisa laporan keuangan, sambutan komisaris, laporan manajemen, tata kelola perusahaan, pengelolaan resiko dan bagaimana laporan hasil assessment penerapan praktik dari konsultan GCG (Good Corporate Governance).

Konsultan GCG (Good Corporate Governance)

 

Konsultan CGC dan Perannya Dalam Annual Report

Dalam prakteknya, terdapat beberapa pilar yang harus digunakan oleh Konsultan GCG dalam membangun tata kelola perusahaan yang baik. Pilar-pilar tersebut nantinya akan berpengaruh besar dalam proses pembuatan annual report perusahaan:

• Pilar pertama

Menetapkan visi, misi, rencana strategis, tujuan perusahaan, serta sistem operasional pencapaiannya

• Pilar kedua

Mengembangkan suatu struktur yang menjaga keseimbangan peran dan fungsi organ perusahaan (checks and balances)

• Pilar ketiga

Membangun sistem informasi, baik untuk keperluan proses pengambilan keputusan maupun untuk keperluan keterbukaan informasi material dan relevan mengenai perusahaan

• Pilar keempat

Membangun sistem audit yang handal, tidak terbatas hanya pada kesesuaian terhadap peraturan dan prosedur operasi standar, namun juga mencakup monitoring dan pengendalian terhadap resiko perusahaan.

• Pilar kelima

Membangun sistem yang melindungi hak-hak pemegang saham secara adil (fair) dan setara di antara para pemegang saham

• Pilar keenam

Membangun sistem pengembangan sumber daya manusia termasuk pengukuran kinerja pegawai

Konsultan GCG memiliki peran yang penting dalam implementasi Good Corporate Governance sesuai kaidah otoritas di Indonesia. Annual report saat ini berfungsi sebagai wujud penerapan dari Good Corporate Governance (GCG) atau sebagai tata kelola perusahaan yang baik. Jadi dengan pembuatan annual report yang baik itu bisa menjadi cerminan bahwa perusahaan tersebut telah bisa melaksanakan tata kelola dengan baik. Hal ini tentunya bermanfaat bagi kemajuan perusahaan di masa yang akan datang.

Annual report harus dijelaskan bagaimana sebuah perusahaan menerapankan GCG, bagaimana perusahaan dapat menyajikan informasi keuangannya dengan baik dan bersifat informatif dimana syaratnya adalah sesuai dengan tata akuntansi yang saat ini berlaku di negara kita. Diharapkan juga setiap perusahaan mematuhi setiap peraturan perundangan yang ada di Indonesia.

Annual Report adalah salah satu service dari Sooca Design yang berfokus pada jasa pembuatan annual report atau laporan tahunan perusahaan. Jasa ini kami sediakan untuk membantu pembuatan annual report perusahaan Anda. Dan seiring dengan bertambahnya kompetensi serta kuantitas dari keseluruhan tim kami, maka Sooca Design kini juga menawarkan Jasa Assessment GCG profesional.

Anda dapat menghubungi tim marketing Sooca Design melalui kontak yang ada dibawah berikut ini. Dengan tenaga ahli, pengerjaan yang profesional serta tepat waktu, Sooca Design mampu membuat brand perusahaan Anda kian melesat tinggi.

Kontak Disini

 

 

Download Company Profile

Kategori