manfaat brosur bagi pelaku usaha

Mengenal Brosur dan Manfaatnya Untuk Pelaku Usaha

Brosur bersifat umum karena disajikan untuk khalayak ramai untuk mengintepretasikan produk atau suatu layanan yang ingin disebarkan ke khalayak umum. Pengertian brosur adalah bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara sistematis, yang dicetak terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid. Lalu apa pengertian brosur dan manfaat brosur bagi pelaku usaha? Mari kita ulas bersama.

Apa Pengertian Brosur dan Fungsinya?

Brosur adalah suatu media yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi tertentu untuk menawarkan suatu produk, layanan atau program kepada masyarakat umum.

Brosur dicetak dan diluncurkan secara random atau tidak berkala “tidak reguler” dan hanya terdiri dari beberapa halaman saja “sedikit halamannya”. Brosur juga pada umumnya memiliki sampul tetapi tidak memiliki jilid.

Brosur memiliki fungsi yang penting, terutama dalam hal pemasaran dan promosi. Fungsi utama dari sebuah brosur ialah memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai suatu produk yang akan ditawarkan secara detail.

Supaya brosur dapat menarik perhatian masyarakat, umumnya brosur dibuat dengan desain yang menarik dan isinya jelas.

Bagaimana Ciri-ciri dan Manfaat Brosur Untuk Promosi?

manfaat brosur (jasa desain dan cetak brosur)
Image from Freepik

Segala sesuatu tentu memiliki karakteristik atau ciri-ciri tersendiri, begitu juga dengan brosur. Brosur memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan media-media promosi lainnya.

Adapun ciri-ciri brosur antara lain yaitu:

1. Umumnya memiliki pesan yang tunggal.

2. Tujuannya menginformasikan produk kepada masyarakat luas.

3. Hanya sekali diterbitkan.

4. Di buat semenarik mungkin agar menarik perhatian publik.

5. Didistribusikan secara tersendiri “oleh perusahaan tersebut”.

6. Desainnya menarik dan isinya jelas.

Secara umum brosur berfungsi dan memiliki tujuan sebagai media informatif dan persuasif. Sebagai media informatif, artinya brosur bertujuan untuk menyampaikan informasi sehingga khalayak dapat bertambah pengetahuan dan wawasannya.

Misalnya, mengenai jenis produk, harga produk, dan dimana produk tersebut dapat diperoleh. Bahkan, tak jarang ada brosur yang menyampaikan informasi mengenai seluk beluk produk, mulai dari pemilihan bahan baku hingga pemasaran.

Sedangkan sebagai media persuasif, artinya brosur seringkali tidak hanya berbicara mengenai kualitas, melainkan gengsi atau prestige akan sebuah produk. Pada dasarnya, persuasif bertujuan mempengaruhi khalayak agar mau melakukan perubahan sikap, pendapat, perilaku, atau perubahan sosial.

Dalam komunikasi persuasif, kata-kata yang menarik minat kerap kali digunakan agar khalayak mau memperhatikan brosur yang disebarkan. Berikutnya, setelah khalayak tertarik perhatiannya, disajikan kata-kata atau kalimat bujukan untuk mempengaruhi khalayak.

Manfaat brosur menurut Albert Frey, sebagaimana yang telah dikutip dalam sebuah jurnal ilmiah, suatu brosur harus menciptakan suatu kejelasan dalam brosur.

Agar dalam menjalin hubungan dengan baik harus menjaga hubungan yang baik dalam informasi yang ada didalam hubungan yang baik agar tidak ada informasi yang baik dalam brosur agar tidak adanya suatu masalah yang serius dalam brosur tersebut.

Maka dari itu dalam menjalankan suatu brosur harus menciptakan hubungan yang baik dalam menerangkan suatu masalah yang baik agar tidak ada salah satu menjaga hubungan yang baik dalam manfaat brosur.

Sehingga, dalam menjalankan suatu masalah yang baik adalah suatu informasi yang baik dalam menerangkan suatu masalah yang ada dalam brosur tersebut, maka dari itu brosur harus menjalin suatu informasi yang baik agar tidak ada ketertarikan dalam brosur tersebut.

Jasa Desain dan Cetak Brosur

Setelah mengetahui tentang pengertian brosur dan manfaat brosur bagi pelaku usaha, saatnya kami bertanya, sudah kah bisnis Anda memiliki brosur yang menarik dan profesional?

Sejatinya, brosur harus mengembangkan informasi yang baik dan ditampilkan secara kreatif, singkat, padat dan jelas.

Jika saat ini Anda memerlukan Jasa desain dan cetak brosur, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim SOOCADESIGN.

Download Company Profile

Kategori