cara membuat laporan tahunan perusahaan tercatat

Cara Membuat Laporan Tahunan Perusahaan Tercatat

Hal pertama yang harus disiapkan untuk laporan tahunan perusahaan tercatat adalah menentukan kisaran tahun buku perusahaan Anda yang akan dicakup oleh laporan keuangan. Kedua, siapkan penulisan, siapkan neraca, siapkan laporan laba rugi, dan siapkan laporan arus kas. Proses penyusunan laporan tahunan perusahaan tercatat dengan perusahaan non-tercatat umumnya sama. Namun, cara membuat laporan tahunan perusahaan tercatat lebih lengkap dan detail.

Salah satu aspek terpenting dari laporan tahunan perusahaan tercatat adalah laporan keuangan. Laporan keuangan memiliki fungsi dalam menunjukkan kemajuan suatu perusahaan, antara lain menggambarkan kondisi perusahaan, sebagai bahan evaluasi dan perencanaan kerja, menunjukkan kredibilitas perusahaan, dan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.

agensi jasa laporan tahunan
Created by Soocadesign

Laporan keuangan merupakan sumber informasi yang penting bagi investor untuk mengetahui kondisi perusahaan. Investor dapat menggunakan laporan keuangan yang telah tersedia untuk mengevaluasi kinerja perusahaan yang telah terdaftar di pasar modal sebelum mengambil keputusan saham perusahaan mana yang akan dibeli dengan asumsi bahwa investasi tersebut akan memberikan tingkat pengembalian yang lebih tinggi daripada investasi di perusahaan lain. Analisis Laporan Keuangan berfungsi untuk mengetahui perubahan posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu, untuk menilai kinerja manajemen pada tahun berjalan, dan untuk mengetahui apa saja kekuatan dan kelemahan perusahaan.

Dimungkinkan pula berdasarkan hasil analisis dan evaluasi laporan tahunan perusahaan, perusahaan membuat kebijakan perluasan dan/atau penambahan izin usaha perusahaan. Sebuah perusahaan dapat menderita kerugian karena riset pasar yang tidak tepat pada tempat dan waktu tertentu. Akibatnya harus membuat kebijakan pemekaran dan/atau menambah izin usaha perusahaan meskipun perusahaan harus menambah modal dan biaya untuk itu. Ada juga yang sengaja membuat kebijakan ekspansi dan/atau menambah izin usaha perusahaan karena perusahaan terkait telah melihat tren pasar yang sama dan potensial selama beberapa waktu. Tertarik untuk mengetahui tren atau cara membuat laporan tahunan perusahaan terbuka, mulai dari rincian laporan tahunan, apa itu perusahaan tercatat, atau agensi jasa laporan tahunan?

Cara Membuat Laporan Tahunan Perusahaan Tercatat

cara membuat laporan tahunan perusahaan tercatat
Photo by Headway on Unsplash

Selanjutnya Laporan Tahunan Perusahaan Tercatat memuat:

1. Informasi Perusahaan: Direksi, Sekretaris Perusahaan, Daftar Saham, Auditor, Dewan Komite (Komite Audit, Komite Nominasi & Tata Kelola, Komite Remunerasi & Pengembangan Staf, Komite Manajemen Risiko), Kantor Terdaftar, Tempat Pendirian, Pendaftaran Perusahaan, Tanggal Pendirian , Hubungan Investor, dan Keberlanjutan.

 

2. Ikhtisar Kinerja

a. Jaringan Internasional

b. Sekilas Bisnis

c. Sorotan Keuangan & Tinjauan Kinerja

d. Ringkasan Kinerja Keuangan

 

3. Ikhtisar Grup

a. Surat dari Ketua dan CEO

b. Organisasi

c. Jajaran Direktur

d. Komite Manajemen Eksekutif

 

4. Penciptaan Nilai & Keberlanjutan

a. Bagaimana Perusahaan Menciptakan Nilai

b. Tren yang Diidentifikasi

c. Prioritas Strategis

d. Manajemen Risiko

e. Menciptakan Nilai Berkelanjutan

f. Tanggung jawab sosial perusahaan

 

5. Pemerintahan

a. Laporan Tata Kelola Perusahaan

b. Laporan Remunerasi

c. Ringkasan Pengungkapan

d. Laporan Tata Kelola Organisasi Swa-regulasi

e. Laporan Komite Independen

 

6. Keuangan

a. Pernyataan Direksi

b. Laporan auditor independen

c. 144 Pernyataan Komprehensif

d. Penghasilan

e. 146 Laporan Posisi Keuangan

f. 148 Pernyataan Konsolidasi

g. Perubahan Ekuitas

h. 152 Laporan Perubahan Ekuitas

i. 154 Pernyataan Konsolidasi

j. Arus kas

k. 155 Catatan Keuangan

l. Pernyataan

 

7. Lain-Lain

a. Statistik Kepemilikan Saham

b. 251 Pemberitahuan Umum Tahunan

c. Pertemuan

d. 258 Informasi Tambahan tentang

e. Direksi Mencari Pemilihan dan

f. Pemilihan Kembali

 

Butuh informasi lebih lanjut tentang agensi jasa laporan tahunan? Jangan ragu untuk segera terhubung dengan tim SOOCADESIGN melalui kontak berikut ini:

Agensi Jasa Laporan Tahunan

Download Company Profile

Kategori