tips membuat poster design (jasa desain poster profesional)

5 Tips Membuat Poster Design Informatif dan Menarik

Poster adalah salah satu jenis jaminan pemasaran tertua, paling teruji dan benar. Poster adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian pada penjualan, acara, penggalangan dana, promosi film dan lain sebagainya. Meskipun tidak ada aturan khusus dalam membuat poster, namun ada beberapa tips membuat poster design yang bisa diikuti.

Pembuatan poster design harus memenuhi unsur informatif dan menarik. Tujuannya, agar konten yang disampaikan menarik perhatian masyarakat secara luas dan terus diingat. Di era serba praktis seperti sekarang ini, Anda tidak perlu risau jika tidak mampu membuat desain poster yang bagus. Sebab, sekarang ada jasa desain poster yang siap membantu Anda.

Seperti diketahui, kegunaan utama poster adalah untuk menyampaikan informasi. Informasi yang dimaksud bisa berupa pemberitahuan, imbauan, ajakan hingga ‘rayuan’ untuk menggunakan atau membeli suatu produk/jasa.

Memang, poster bisa dikatakan media yang ‘kalah canggih’ dengan media publikasi lainnya yang menggunakan teknologi. Namun ketahuilah, promosi melalui poster masih terbilang ampuh guna menarik perhatian masyarakat, asalkan poster itu didesain dengan menarik dan informatif.

Tips Membuat Poster Design Informatif dan Menarik

jasa desain poster profesional (tips poster design)
Photo by Patrick Robert Doyle on Unsplash

Poster design yang dieksekusi dengan baik memiliki kekuatan untuk menarik perhatian seseorang ketika menyampaikan pesan penting.

Seperti apa sih membuat poster design yang informatif dan menarik? Berikut ini kami bagikan tips membuat poster design yang bagus ala jasa desain poster profesional.

Tips desain poster ini dapat diterapkan ke hampir semua poster yang ingin didesain. Jadi mari kita simak ulasan selengkapnya!

1. Buat Desain yang Bisa Dibaca dari Kejauhan

Masih banyak pembuat poster design yang mengabaikan satu hal ini. Sehingga, orang yang ingin membacanya harus mendekat terlebih dahulu.

Padahal, efektifnya poster bisa dengan jelas dibaca dari kejauhan. Untuk menjadikan poster mudah dibaca dari kejauhan, mudah kok. Caranya, pastikan poster memiliki tiga komponen utama, yakni headline, detail informasi dan penjelasan event atau promosi produk/jasa. Nah, huruf untuk headline harus paling besar dari semua konten poster. Adapun informasi dan penjelasan event/produk cukup dijelaskan ringkas saja.

Dengan membaca headline, masyarakat mestinya sudah tahu maksud dari poster tersebut secara keseluruhan. Ini-lah pentingnya headline menggunakan huruf paling besar.

2. Gunakan Warna Kontras

Sebenarnya, tidak saja poster, desain untuk segala jenis media cetak memang disarankan menggunakan warna kontras. Artinya, warna background harus berlawanan dengan warna gambar dan kata-kata yang ada di dalam poster (atau media cetak lainnya).

Jika background berwarna gelap maka isi poster sebaiknya berwarna cerah. Sebaliknya, jika background berwarna terang maka isi poster lebih baik berwarna gelap.  Penting juga untuk menerapkan warna background penuh agar poster makin menarik.

3. Sesuaikan dengan Lokasi Pemasangan

Jasa desain poster profesional di awal biasanya menanyakan terkait lokasi pemasangan poster kepada kliennya. Hal ini bertujuan agar desain warna dan ukuran poster sesuai dengan lokasi pemasangan tersebut.

Misalnya, klien ingin posternya dipasang di dinding berwarna hitam. Maka, pihak jasa desain poster akan menggunakan warna cerah (seperti putih) guna menarik perhatian masyarakat. Adapun ukuran poster tidak terlalu besar namun bisa dibaca dengan baik dari kejauhan.

4. Sesuaikan Poster dengan Tujuan

Tentunya, poster design harus disesuaikan dengan tujuan dibuatnya. Misalnya, jika Anda ingin mempromosikan suatu tempat wisata. Maka, gambar dan isi serta elemen lainnya harus disesuaikan dengan promosi tempat wisata itu.

Jangan sampai Anda membuat poster yang isinya tidak sesuai dengan tujuan. Bukannya informatif, hal itu justru membuat pembaca bingung.

5. Sediakan Ruang Kosong

Masih banyak poster yang dibuat dengan elemen-elemen yang ramai. Katanya, hal itu menarik dapat menarik perhatian masyarakat. Padahal, menurut para desainer profesional, poster yang baik adalah yang memiliki desain yang simple. Dan, bagi mereka, poster yang ramai dapat membingungkan pembaca, apalagi jika teks yang termuat sangat banyak.

6. Tambahkan Ikon Untuk Menambah Visualisasi Konsep Poster

Ikon merupakan simbol-simbol yang digunakan untuk merepresentasikan konsep dalam sebuah desain. Ikon menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan tampilan poster design. Terlebih, Anda juga dapat menggunakan ikon untuk memperindah titik dan, dalam kasus tertentu, mengganti teks. Ikon juga bagus untuk mengilustrasikan ide dengan cepat.

Inilah pentingnya menyediakan ruang kosong dalam desain poster. Selain itu, perhatikan juga jarak antara huruf, gambar dan semua elemen yang ada pada poster agar pembaca dapat dengan mudah menangkap informasi di dalamnya.

tips membuat poster design
istockphoto.com

istockphoto.com

Itulah lima tips membuat poster design yang menarik dan informatif. Menurut Anda susah tidak? Jika susah, Anda bisa kok menggunakan jasa pihak lain untuk membuat poster sesuai kebutuhan. Jika Anda membutuhkan desain poster profesional, langsung saja hubungi SOOCA sebagai jasa desain poster profesional untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Download Company Profile

Kategori