Apa itu integrated reporting

Mengenal Apa Itu Integrated Reporting (Laporan Terintegrasi)

Setiap perusahaan umumnya memiliki kewajiban untuk membuat laporan akhir tahun. Seiring berjalannya waktu, muncul sebuah istilah baru yaitu integrated reporting (laporan terintegrasi). Lalu, apa itu integrated reporting? Integrated reporting (IR) merupakan sebuah bentuk perkembangan inovasi terbaru dalam pelaporan yang bertujuan untuk meningkatkan kegunaan dari pelaporan perusahaan secara efektif. Alasan itulah yang memotivasi International Integrated Reporting Council (IIRC) atau Dewan Pelaporan Terpadu Internasional untuk meluncurkan Integrated Reporting sebagai kerangka kerja global (global framework) pada bulan Desember tahun 2013.

Memahami Apa itu Integrated Reporting Secara Lebih Mendalam

Apa itu integrated reportingMeskipun sudah mengetahui artinya secara harafiah pada pembahasan sebelumnya, namun mari kita kupas apa itu integrated reporting secara lebih mendalam. Integrated Reporting bertujuan untuk membangun perkembangan pelaporan dalam memberikan bentuk pelaporan nilai yang lebih holistik yang dibuat oleh bisnis, dengan mempertimbangkan sumber daya non-finansial seperti sumber daya manusia, sosial, intelektual serta modal finansial.

Pertimbangan tentang bagaimana modal ini dapat berdampak bagi bisnis dan masyarakat secara umum tentunya memerlukan persiapan yang matang. Misalnya, keberlanjutan, strategi, sumber daya manusia, dll. Integrated Reporting tidak hanya berbicara tentang fungsi finansial, tetapi juga terlibat dalam mengidentifikasi serta mengumpulkan data untuk modal dan mengevaluasi bagaimana penciptaan nilai dapat mempengaruhi bisnis di masa sekarang dan di masa depan.

Apa Perbedaan Laporan Terintegrasi Dengan Laporan Pada Umumnya?

Banyak orang berpikir laporan terintegrasi adalah penggabungan antara susunan laporan keuangan dan laporan keberlanjutan. Ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya tepat. Laporan terintegrasi juga berkaitan dengan keuangan, hubungan yang dimiliki perusahaan atau organisasi Anda dengan para pemangku kepentingan dan bagaimana memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan. Banyak perusahaan atau organisasi berpikir bahwa mereka sudah berhasil menyajikan laporan terintegrasi. Namun pada kenyataannya, laporan terintegrasi lebih dari sekadar laporan perusahaan pada umumnya. Laporan terintegrasi didefinisikan sebagai suatu proses yang didasarkan pada pemikiran terintegrasi sehingga menghasilkan laporan terintegrasi berkala yang juga berkaitan dengan penciptaan nilai pada bisnis perusahaan / organisasi Anda.

Keunggulan Integrated Reporting Bagi Bisnis Jangka Panjang

mengenal apa itu integrated reporting (laporan terintegrasi)
Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

Dalam membangun bisnis jangka panjang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan atau organisasi, diantaranya yaitu membangun hubungan yang kuat dengan para stakeholders, membangun basis pelanggan yang loyal, mengembangkan modal intelektual, mengelola risiko lingkungan, dll. Integrated Reporting (laporan terintegrasi) berperan penting dalam menjaga fokus perusahaan atau organisasi Anda pada strategi jangka panjang. Integrated Reporting adalah sebuah bentuk dokumen berwawasan ke depan yang mencakup strategi, konteks di mana ia akan disampaikan dan bagaimana perusahaan memiliki, dan akan, menciptakan nilai bagi penyedia modal dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

Kerangka Kerja dari integrated reporting dibuat berdasarkan pemahaman bahwasannya keberhasilan jangka panjang tergantung pada beberapa faktor, diantaranya manajemen yang baik, relasi yang terawat, tenaga kerja yang sejahtera, ketersediaan sumber daya alam, dll.

Related post: Apa Saja Isi Dari Majalah Perusahaan?

Sudahkah Perusahaan Anda Memiliki Integrated Reporting?

Mungkin saat ini Anda masih menggunakan metode laporan keuangan tahunan (annual report) dan laporan keberlanjutan (sustainability report). Tapi setelah mengetahui informasi diatas, apakah Anda mulai tertarik untuk beralih pada laporan terintegrasi (integrated reporting)?

Jika jawabannya iya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah berkonsultasi pada jasa pembuatan integrated report berpengalaman seperti Sooca Design. Kami akan membantu mewujudkan laporan terintegrasi dari perusahaan atau organisasi Anda secara profesional. Tidak hanya berkonsultasi, Anda juga bisa mempercayakan desain, copywriting dan cetak integrated reporting kepada tim Sooca Design.

Hubungi kami melalui kontak berikut untuk mendapatkan penawarannya:

KONTAK

Download Company Profile

Kategori